Kamis, 21 Januari 2021

Cegah DBD, Babinsa Koramil Tipe B 0804-01 Magetan Ajak Warga Basmi Sarang Nyamuk

 



Magetan
- Babinsa Kelurahan Selisari Koramil Tipe B 0804-01 Magetan Kodim 0804 Magetan Pelda Samsul Arifin bekerjasama dengan Puskesmas Candirejo mengajak masyarakat Selisari kecamatan Magetan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD (Demam Berdarah)  di Wilayah Binaannya, Kamis (21/01/2021).

 

Menurut Pelda Samsul, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilakukan dengan cara 3M Plus mulai dari menguras, yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air. Terakhir, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD,”tuturnya.

 

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah, segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan yang paling kita harus berprilaku hidup bersih dan sehat dimulai dari lingkungan sendiri hingga lingkungan bermasyarakat.

 

Selain itu Pelda Samsul juga menyemprotkan atau melakukan foging untuk membunuh nyamuk yang sudah bisa terbang dan dewasa. Dengan cara foging dan PSN harapannya warga jadi aman dan terhindar gigitan nyamuk Aides Aigepti penyebar DBD. Pungkas Pelda Samsul Arifin. ( R 01).

Tidak ada komentar: